5 Kota Paling High Tech di Dunia Sepanjang 2017

0
12

Jakarta – Tahukah kamu, dalam kurun waktu kurang dari 35 tahun terakhir, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) memperkirakan dua per tiga dari populasi dunia akan hidup di area perkotaan?

Ya, dan pada kenyataannya kota-kota yang paling berkembang adalah kota yang mengandalkan teknologi terbaru serta menciptakan peluang bagi orang untuk membuat sesuatu yang inovatif. Lalu, kota-kota mana saja yang kini telah memiliki teknologi mutakhir di dunia?

Menurut informasi yang dilansir Business Insider, Selasa (26/12/2017), ada lima kota yang dikenal dengan teknologi paling mutakhir (high tech) di dunia sepanjang 2017.

Beberapa indikator yang digunakan untuk menilai, di antaranya adalah investasi untuk teknologi, banyaknya startup, penemuan teknologi yang dipatenkan, indeks inovasi, peringkat Smart City, kebijakan untuk inovasi, jumlah programmer, populasi metropolitan, serta desainer industri. Berikut daftar kelima kota tersebut.

5. Los Angeles, California, Amerika Serikat

Meski terkenal dengan industri perfilman, pada 2014, Los Angeles dilaporkan memiliki sektor pekerjaan yang lebih hi-tech dibandingkan kota lain di Amerika Serikat.

Ada beberapa hal yang membuat Los Angeles menjadi kota dengan teknologi termaju. Di antaranya adalah jumlah startup bidang teknologi yang sangat banyak. Kedua, nilai investasi yang dikucurkan cukup besar menjadi salah satu alasan teknologi begitu berkembang di LA.

4. Seoul, Korea Selatan

Seoul sering dianggap sebagai kota masa depan. Inovasinya langsung dipraktikkan ke dalam rancangan kota. Sistem transportasinya pun dianggap lebih baik dibandingkan kereta bawah tanah milik New York.

Seoul juga memiliki banyak teknologi yang dipatenkan. Kota ini telah mengembangkan teknologi yang ada di mana-mana, seperti LTE yang kini digunakan pada smartphone dan lain-lain.

3. New York, Amerika Serikat

New York merupakan kota dengan teknologi kelas berat. Tak hanya dilihat dari infrastuktur, tetapi juga kemajuan orang-orang di kota ini.

Menurut sebuah laporan, hampir 7.000 perusahaan teknologi bermarkas di kota New York. Sedangkan 100.000 pekerjaan teknologi tersedia selama 2013. Teknologi smart city yang digunakan pun sangat maju, seperti LinkNYC yang merupakan teknologi terpadu, layanan Wi-Fi gratis, dan lain-lain.

2. London, Inggris

London memiliki transportasi umum impian, Crossrail Project, yang telah diperkenalkan setahun terakhir. Hingga 2018, diperkirakan akan ada 10 jalur kereta baru akan menghubungkan 30 stasiun yang sudah ada dengan terowongan-terowongan baru.

Proyek senilai US$ 20 miliar ini menjadi konstruksi termahal di Eropa. Selain itu, London diketahui memiliki jumlah startup dan programmer yang cukup banyak dibandingkan kota lainnya.

Diperkirakan, London memiliki slot pekerjaan bidang TI yang lebih banyak dibandingkan dengan California. Dalam beberapa dekade mendatang, London bakal menambah lowongan pekerjaan untuk bidang teknologi informasi hingga 11.000 posisi.

1. San Francisco, California, Amerika Serikat

San Francisco memiliki Silicon Valley yang kini jadi kampung halaman bagi perusahaan teknologi ternama. Bagaimana tidak, banyak startup bidang teknologi lahir dan berkembang di Silicon Valley, San Francisco.

Selain itu, investasi untuk teknologi bernilai sangat besar. Silicon Valley juga memiliki jumlah populasi desainer dan programmer yang sangat banyak, sehingga dinobatkan menjadi kota dengan teknologi yang tertinggi.

Sumber : http://tekno.liputan6.com/read/3206084/7-kota-paling-high-tech-di-dunia-sepanjang-2017