Jakarta – Inovasi di bidang teknologi terus menawarkan perubahan tiap tahunnya. Hal tersebut wajar mengingat bidang ini dikenal sangat dinamis dan selalu menawarkan hal-hal baru.

Tahun lalu, beberapa prediksi tren teknologi yang mengemukan berhasil menunjukkan tajinya, seperti perkembangan virtual reality yang kian masif hingga layanan on-demand.

Lantas, bagaimana dengan prediksi tren teknologi di 2018? Mengutip Mirror, Rabu (3/1/2018), berikut ini beberapa tren teknologi yang diperkirakan menjadi tren tahun ini.

1. Speaker Pintar Berbasis Kecerdasan Buatan

Speaker pintar, seperti Amazon Alexa bukanlah hal baru di 2017. Namun seiring perjalanan waktu, pengembangan teknologi ini kian masif dan dilakukan sejumlah perusahaan teknologi, seperti Google dan Apple.

Karena itu, tren ini masih akan terus berlanjut di 2018. Namun dengan kondisi saat ini, akan ada lebih banyak pemain yang menawarkan teknologi serupa dengan beragam fitur anyar.

Meski terlihat tak biasa pada awalnya, adopsi speaker pintar nyatanya terus tumbuh dalam beberapa waktu terakhir. Terlebih, dengan peningkatan teknologi, bukan tak mungkin pengguna akan semakin nyaman dengan produk ini.

2. Kecerdasan Buatan

Jika sebelumnya, kecerdasan buatan hanya digunakan pada bidang bisnis tertentu, tahun ini diprediksi teknologi tersebut akan lebih banyak  hadir pada produk konsumen.

Dengan kata lain, akan lebih banyak produk yang dapat mengenali kebiasaan dari konsumennya. Beberapa bidang yang mulai memanfaatkan ini adalah agen travel hingga media sosial untuk mengetahui keadaan mental pengguna.

Bahkan, proses logistik berbekal kecerdasan buatan dapat hadir lebih luas di 2018. Hal ini didukung pula dengan keberadaan kendaraan otonomos, seperti drone atau robot.

3. Augmented Reality

Apabila 2017, virtual reality (VR) diprediksi menjadi tren, kali ini giliran augmented reality (AR) yang diperkirakan bakal tumbuh subur di 2018.

Hal ini tak lepas dari sejumlah perusahaan teknologi, seperti Amazon dan Apple yang dikabarkan tengah menggarap kacamata pintar berbasis AR. Jika kabar itu benar, perangkat itu memungkinkan interaksi dunia digital dan nyata dapat terjadi.

Di sisi lain, ada beberapa pelaku ritel, salah satunya Ikea yang memanfaatkan teknologi ini untuk mendukung penjualan. Karenanya, pengalaman AR akan lebih mudah ditemui melalui smartphone.

4. Cryptocurrency

Mata uang digital atau cryptocurrency diprediksi akan berkembang lebih besar di 2018. Bahkan, investor teknologi dan ventur capitalist, James Altucher, menilai cryptocurrency seperti bitcoin dapat menggantikan uang kertas untuk bertransaksi.

“Bitcoin dapat memecahkan masalah pencetakan uang yang tidak terbatas, pemalsuan, pembelanjaan ganda dan anonimitas,” tuturnya. Altucher sendiri memiliki sejumlah crytocurrency yaitu bitcoin, ethereum, litecoin, zcash dan filecoin.

Meski harus diakui sebagian besar adalah penipuan, ia merasa bitcoin dan beberapa cryptocurrencylainnya akan tetap bertahan. “Ini adalah peralihan tektonik uang dan kekayaan yang akan kita lihat dalam hidup kita,” katanya.

5. Perjalanan Wisata ke Luar Angkasa

Tren perjalanan luar angkasa juga digadang-gadang akan mengalami perubahan besar-besaran. Sebab, perusahaan seperti SpaceX dan Blue Origin berencana menawarkan perjalanan wisata ke luar angkasa, tak lagi sekadar penelitian.

CEO SpaceX, Elon Musk menuturkan, misi ini dapata menjadi perjalanan pribadi bagi mereka yanng telah membayar dengan harga paling sesuai. Rencananya, misi ini akan mulai pada akhir tahun depan.

Sementara Blue Origin yang juga memiliki rencana serupa, melakukan sedikit perubahan. CEO Blue Origin Bob Smith, menuturkan perusahaannya kemungkinan tak menawarkan misi ini dalam waktu dekat.

Sumber :