Saat ini, metode pengunci smartphone yang dinilai paling aman adalah fingerprint dan iris scanner. PIN dan password dinilai sudah terlalu kuno, sehingga produsen smartphone terus berlomba-lomba menghadirkan beragam smartphone keren dengan fingerprint.

Tapi, apakah benar fingerprint di smartphone ini aman? Pasalnya saat ini sudah banyak metode nge-hack fingerprint yang beredar. Jadi, fingerprint di smartphone sudah tak lagi aman!

Fingerprint Smartphone Tak Lagi Aman!

Baru-baru ini sekelompok peneliti dari New York University dan Michigan State University menemukan celah besar di fingerprint scanner. Dengan memanfaatkan kebiasaan pengguna yang menyimpan lebih dari satu fingerprint di smartphone, mereka berhasil membuat alat khusus pembobol sidik jari smartphone.

fingerprint-tidak-aman (3)

Alat ini disebut MasterPrint. Nah, MasterPrint ini nantinya bisa membobol berbagai jenis pola sidik jari pengguna smartphone. Bahaya, kan? Kabarnya, kesuksesan alat ini 65% mampu membobol semua sidik jari yang terdaftar di smartphone!

fingerprint-tidak-aman (1)

Pun demikian, kabarnya studi ini masih diragukan. Pasalnya kelompok peneliti ini hanya melakukan pengujian lewat simulasi database fingerprint, bukan langsung di smartphone.

fingerprint-tidak-aman (2)

Tapi, tetap saja menakutkan bukan? Jika MasterPrint ini tersebar dan digunakan orang yang tidak bertanggung jawab bisa jadi masalah. Untuk itu, sebaiknya lapisi perlindungan smartphone dengan kunci smartphone lain, seperti password, kunci pola, atau PIN.

Tidak salah jika berjaga-jaga, bukan?

sumber:https://jalantikus.com/gadgets/fingerprint-tak-lagi-aman/

by:daniel suncinto.m